PENANDATANGANAN MOU POLITEKNIK POS INDONESIA DENGAN SMK 1 PURWAKARTA – PROGRAM PENDAMPINGAN SMK PUSAT KEUNGGULAN 2021

 


Purwakarta (29/11/2021) – SMK Negeri 1 Purwakarta sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan yang ditetapkan oleh Direktorat SMK telah melakukan berbagai langkah dalam upaya mewujudkan sebagai sekolah yang menjadi pelopor dan unggul dalam segala bidang. Guna mewujudkan tujuan dari program tersebut, SMK Negeri 1 Purwakarta menyusun beberapa program Pusat Keungulan, diantaranya adalah Best Practice Pelaksanaan Pembelajaran pada SMK PK, Gebyar Penandatanganan MoU, Launching SPW dan Kick Off Program SMK Peduli Desa. Sebagai bagian dari pelaksanaan program tersebut, SMK Negeri 1 Purwakarta Menggandeng Politeknik Pos Indonesia sebagai Pendamping SMK Pusat Keunggulan.

Tahapan kegiatan pendampingan diawali dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara SMKN 1 Purwakarta dengan Politeknik Pos Indonesia sebagai pendamping SMK Pusat Keunggulan, yang dilaksanakan pada 29 November 2021 di : Gedung RPS ELIN SMKN 1 Purwakrta.

Pada kesempatan ini juga Ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama antara SMKN 1 Purwakarta dengan Politeknik Pos Indonesia. Banyak hal yang disepakati dalam Perjanjian Kerjasama tersebut, salah satu diantaranya adalah bahwa Politeknik Pos Indonesia menjadi Perguruan Tinggi Pendamping SMKN 1 Purwakarta sebagai SMK Pusat Keunggulan. 


Beberapa tugas Politeknik Pos Indonesia diantaranya :

  1. Mendampingi sekolah dala mencapai target output, outcame dan impact
  2. Melakukan program oversight (rencana pengadaan peralatan, rencana pelatihan serta pembelajaran)
  3. Memantau capaian pembelajaran dan aspek link and match

 Sementara Hal-hal yang telah dilakukan oleh Politeknik Pos Indonesia :

  1. Memberikan masukan-masukan terkait penyusunan rencana program aksi SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Purwakarta
  2. Melaksanakan ceramah dan diskusi-diskusi terkait teknologi pembelajaran pada workshop penyusunan program
  3. Melaksanakan evalusi pelaksanaan program (hasil : SMKN 1 Purwakarta telah merencanakan dan menjalankan program aksi dengan baik dan relative lebih baik dari SMK lainnya yang didampingi oleh poltekpos)
  4. Memberikan ceramah dan diskusi tentang IT Service Utility Integrated (Iteung) pada workshop teknologi terbarukan
  5. Penyusunan rencana pelatihan guru dan tendik tentang inovasi, entrepreneur dan teknologi oleh poltekpos (periode pelaksanaan : 1- 10 Desember 2021)
  6. Sedang mengupayakan menghadirkan DUDI sebagai narsum untuk pelatihan teknologi fiber optic dan pengelolaan Mini ISP (periode pelaksanaan : 17 - 19 Desember) 

Direktur Politeknik Pos Indonesia, Dr. Ir. Agus Purnomo, MT. dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Politeknik Pos Indonesia siap mendampingi SMK Negeri 1 Purwakarta sebagai SMK Pusat Keunggulan dengan harapan kedepannya dapat memberikan nilai lebih dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta didiknya dimana salah satunya dengan mengembangkan Platform Teknologi SMK Pusat Keunggulan.


No comments:

Powered by Blogger.