Politeknik Pos Indonesia Mengadakan Silaturahmi dengan IKOMA Secara Daring


HUMAS POLTEKPOS, BANDUNG - Belum berakhirnya masa pandemi covid-19 di tanah air, membuat proses kegiatan perkuliahan dan layanan akademik terpaksa dilakukan secara daring. Hal ini pun telah diantisipasi Politeknik Pos Indonesia dengan membuat beberapa metode kegiatan perkuliahan yang terintegrasi secara digitalisiasi, sebagai upaya mengakomodir kebutuhan dari para mahasiswanya. 

Direktur Politeknik Pos Indonesia, Dr. Ir. Agus Purnomo MT mengatakan, beberapa metode perkuliahan yang dilaksanakan pada semster ganjil 2021/2022 ini seluruh pembelajaran dilaksankaan secara online hingga Ujian Tengah Semster (UTS), pasca UTS Politeknik Pos Indonesia berencana menyelenggarakan blended learning terbatas. Kegiatan yang dimaksud adalah sebagian besar 75% masih online dan 25% uji coba tatap muka di labolatorium. 


"Pengertian terbatas yaitu pertama, hanya untuk mata kuliah praktikum tertentu yang diusungkan oleh pihak program studi. Kedua, hanya untuk mahasiswa yang berada di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat, dan Kab. Bandung. Ketiga, hanya untuk mahasiswa yang diizinkan oleh orang tua mahasiswa dengan ditanda tangani surat diatas materai dan mahasiswa tersebut juga menginginkan untuk offline. Keempat, mahasiswa yang sudah vaksin lengkap 2 kali. Kelima, kapasitas labolatorium hanya diapaki 25% artinya jika dalam satu kelas ada 30 mahasiswa jadi hanya 8 mahasiswa yang offline di labolatorium dan sisanya online secara bergantian setiap minggunya". ujarnya dalam kegiatan Silaturahmi dan Pengenalan Lingkungan Kampus dengan Ikatan Orangtua Mahasiswa (IKOMA) Tahun Akademik 2021/2022 secara online, Senin (11/10/2021).

Persiapan mulai dilakukan dengan akan dibentuk Tim Satgas Terpadu Covid-19 oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), selanjutnya dilakukan persiapan sarana dan prasarana dan pembuatan SOP, langkah berikutnya yaitu mengajukan permohonan ke Satgas Covid-19 daerah dan LLDIKTI 4. Apabila pengajuan diijinkan makan dapat dimulai sekita akhir Desember 2021, namun jika belum diijinkan maka akan diajukan kembali untuk pelaksanaan semester genap bulan Maret 2022.

Untuk pembelajaran online, lanjut Direktur, digunakan virtual learning POLTEKPOS, kemudian zoom meeting, google meet, atau chat boot ITeung yang merupakan robot virtual dengan artificial intelligence yang dibuat oleh TIK POLTEKPOS. Disamping itu Politeknik Pos Indonesia juga memproduksi video - video pembelajaran tutorial untuk mata kuliah teori dan praktikum  proses penjadwalan perkuliahan, memonitor kehadiran dosen dan mahasiwa, termasuk agar dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh mahasiswa.  

"SIAP ini merupakan sebuah program layanan akademik berbasis aplikasi daring, yang digunakan para mahasiswa untuk kontrak mata kuliah di setiap semester. Selain itu aplikasi ini pun digunakan sebagai sarana komunikasi antara mahasiswa dan dosen walinya, baik untuk kegiatan perwalian, konsultasi akademik, maupun hal-hal lain diluar proses pembelajaran,"

SIAP ini pun, lanjut Direktur, digunakan untuk proses penjadwalan perkuliahan, memonitor kehadiran dosen dan mahasiwa, termasuk untuk mengimput nilai mata kuliah, yang hanya mampu diakses oleh dosen pengampu dari mata kuliah masing-masing. Nilai yang telah diinput selanjutnya akan dapat dilihat oleh para mahasiswa melalui perangkat gawainya masing-masing.

"Aplikasi ini selain dapat digunakan oleh para dosen dan mahasiswa, tetapi juga dapat diakses oleh setiap orangtua mahasiswa, untuk misalkan mengetahui absensi putra-putrinya, mata kuliah apa saja yang sedang ditempuh, jadwal perkuliahan, termasuk capaian nilai ujian tengah/akhir semester dari para mahasiswa. Sehingga seluruh aktivitas  akademik para mahasiswa betul-betul terpantau," ucapnya.

Direktur menjelaskan, dalam hal pengelolaan pembayaran keuangan, Politeknik Pos Indonesia pun sudah dilakukan dengan berbasis virtual account dengan bekerja sama dengan Bank BNI. Selain itu, sistem layanan informasi pembiayaan tersebut, akan terintegrasi dengan aplikasi kecerdasan buatan bernama Iteung atau "IT service utility integrated". Sehingga melalui aplikasi tersebut, para Orangtua dapat mengetahui informasi keuangan para mahasiswa. 

Direktur pun menambahkan, sebagai upaya penyaluran kompetensi para mahasiswa, Politeknik Pos Indonesia telah bekerja sama dengan sejumlah BUMN di tanah air dan perusahan berskala nasional yang telah menjadi mitra selama ini, baik untuk proses pemagangan kerja maupun rekrutmen lulusan, diantarnya melalui Forum Human Capital Indonesia, termasuk PT. POS Indonesia (Persero) dan PT. POS Logistik dan lainnya.

"Perlu diketahui juga, selama para mahasiswa menjalani program internship atau pemagangan, mereka tidak akan mengikuti kegiatan perkuliahan dan akademik lainnya, kecuali membuat laporan pemagangan yang telah diikuti. Hal ini sesuai dengan program kurikulum merdeka belajar yang diinstruksikan Kemendikbud. Apalagi program kurikulum merdeka belajar sudah diterapkan di Poltekpos sejak tahun 2001, sehingga formulasi ini sudah tidak asing bagi kami," katanya.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), Dr. Cahyat Rohyana, S.E., M.M., mengucapkan selamat kepada para Orangtua mahasiswa atas diterimanya putra-putri mereka sebagai mahasiswa baru Politeknik Pos Indonesia Tahun Akademik 2021/2022. 

Terlebih menurutnya, sebagai pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan YPBPI, Politeknik Pos Indonesia memiliki visi misi dan program yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan dunia industri saat ini. 

Sehingga dirinya berharap, agar para mahasiswa baru dapat mengenyam berbagai ilmu dan meningkatkan komptensinya selama menjalani bangku perkuliahan di Polikteknik Pos Indonesia serta kepada orang tua yang dapat memberikan perhatian dan semangat serta berperan aktif dalam memantau perkembangan kemajuan pendidikan putra/i-nya melalui aplikasi SIAP.  "Semoga pandemi ini segera berlalu sehingga proses pemberlajaran dapat kembali berjalan melalui tatap muka, dalam suasana pandemi saat ini mari kita tetap laksanakan kegiatan sehari-hari dengan menjalankan protokol kesehatan pencegahan virus covid-19," katanya.

Berdasarkan informasi, jadwal perkuliahan mahasiswa baru Tahun Akademik 2021/2022 di semester ganjil, kuliah paruh pertama akan dimulai pada 18 Oktober - 04 Desember 2021; Ujian Tengah Semester (UTS), 13 - 24 Desember 2021; UTS susulan 03 - 07 Januari 2022. 

Sedangkan, kuliah paruh kedua, akan dimulai 27 Desember 2021 - 12 Februari 2022; Ujian Akhir Semester (UAS), 21 Februari - 05 Maret 2022; UAS susulan, 14 - 18 Maret 2022.


Hormat kami,
Humas & Rekrutmen
Politeknik Pos Indonesia



No comments:

Powered by Blogger.