Penyelarasan Kurikulum antara Politeknik Pos Indonesia dengan SMKN 11 Bandung



HUMAS POLTEKPOS, BANDUNG – Bidang Akademik Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS) bekerjasama dengan SMKN 11 Bandung menjalin nota kesepahaman dan penyelarasan kurikulum beberapa bidang, dan implementasi program Fast Track di Politeknik Pos Indonesia, Jl. Sariasih No.54 Sarijadi, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (06/04/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dr. Cahyat Rohyana, SE., MM. selaku Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), Dr. Ir. Agus Purnomo, MT. selaku Direktur Politeknik Pos Indonesia, Dodi Permadi, ST., MT. selaku Wakil Direktur I bidang Akademik, Hilman Setiadi, S.Pd., ST., MT. selaku Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, para Ketua Program Studi Politeknik Pos Indonesia, Hendro Tri Winarko selaku Wakasek bidang kurikulum, Ibrahim Sidki selaku Ketua Kompetensi Keahlian Manajemen Logistik, dan para Guru SMKN 11 Bandung.

Penyelarasan kurikulum bertujuan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam materi-materi yang harus disusun dalam silabus sebagai pedoman dalam pembelajaran dan juga disesuaikan dengan standar KKNI yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Keselarasan lulusan SMK terhadap Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), diharapkan mampu beradaptasi langsung (Siap Digunakan) dan dapat meminimalisir waktu tunggu lulusan bekerja.

Adapun Keselarasan Pendidikan lanjutan, merupakan pengakuan terharap pembelajaran tingkat SMK untuk diekivalensi pada matakuliah PT (POLTEKPOS), mengurangi jumlah matakuliah yang harus ditempuh serta menambah pengalaman dengan program Internship atau magang.

Direktur Politeknik Pos Indonesia, Dr. Ir. Agus Purnomo, MT., menuturkan, dengan dilakukan tindak lanjut MoU/Kerjasama antara Politeknik Pos Indonesia dengan SMKN 11 Bandung dalam rangka penyelarasan kurikulum untuk semua jurusan yang ada di SMKN 11 Bandung dengan program studi Politeknik Pos Indonesia . 

Pada hakekatnya jurusan-jurusan yang ada di SMKN 11 Bandung dengan prodi yang ada di POLTEKPOS itu ada kemiripan. Maka dari itu selaras dengan program dari Dirjen Diksi dimana salah satu programnya yaitu akselerasi atau fast track dari lulusan SMK bekerja sama dengan Politeknik untuk program Diploma 1 (D1).

“Harapan kedepannya adalah dengan telah selarasnya kurikulum ini nantinya lulusan-lulusan dari SMKN 11 Bandung dapat melanjutkan pendidikannya di Politeknik Pos Indonesia sehingga siswa/i dapat memperoleh ijazah D1/ijazah fast track demikian juga membuka kesempatan untuk para siswa/i bisa masuk program studi Diploma 3 dan Diploma 4 (Sarjana Terapan) dimana beberapa mata kuliah / mata pelajaran telah selaras atau diakui oleh Politeknik Pos Indonesia. Sehingga dengan demikian waktu tempuh kuliah di POLTEKPOS lebih singkat dan dapat meningkatkan atau menguatkan vokasi di Indonesia, ” terangnya saat ditemui usai kegiatan.

Wakil kepala sekolah kurikulum  Hendro Tri Winarko menyampaikan, “SMKN 11 Bandung mengaharapkan kerjasama ini dapat berlanjut secara lebih luas”. 

Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia Dr. Cahyat Rohyana, SE., MM. , menuturkan, "Harapan saya dengan adanya kerjasama antara Politeknik Pos Indonesia dengan SMKN 11 Bandung dan SMK lainnya dapat menjadikan dunia vokasi semakin kuat dan berkualitas, artinya ini sesuatu yang sangat baik karena vokasi lebih banyak praktikum sehingga siap untuk bekerja langsung terjun ke industri," terangnya saat ditemui usai kegiatan.

 









No comments:

Powered by Blogger.