Program Studi Sarjana Terapan : E-Commerce Logistics



TRIBUNJABAR.ID,- Saat ini diperkirakan lebih dari setengah transaksi perdagangan ritel telah menggunakan e-commerce (ATKearney, 2019). Hal ini didorong dengan semakin banyaknya orang-orang yang menggunakan gawai dalam mengakses internet. Faktor kemudahan dan kenyamanan menggunakan smartphone dalam mengakses internet, memungkinkan konsumen semakin intensif melakukan belanja online dalam transaksi pembelian barang-barang.

Kecenderungan konsumen memilih menggunakan transaksi pembelian barang-barang secara on-line, mendorong masuknya perusahaan untuk menyelenggarakan bisnis on-line.
Pemain di bisnis e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD ID, dan sebagainya, semakin meningkatkan volume transaksi bisnis e-commerce. Perusahaan pengelola e-commerce dalam melaksanakan logistik dapat dilakukan sendiri atau diserahkan pengelolaannya ke perusahaan kurir.

Umumnya, kegiatan inti dari E-Commerce Logistics mencakup :

Processing, meliputi aktivitas sortir dan cross-docking pertukaran kiriman.

Transporting, meliputi transportasi kiriman baik transportasi dari dan antar processing center sebagai hub, dan dari processing center ke delivery center sebagai spoke.

Delivery, meliputi aktivitas pengantaran barang ke alamat tujuan penerima.

Di negara maju, E-Commerce Logistics merupakan pendorong besar perubahan terbaru dalam logistik dan jaringan distribusi fisik, yang telah berevolusi secara substansial selama sekitar 40 tahun terakhir. Perusahaan mendapatkan keunggulan bersaing dengan menggunakan E-Commerce Logistics untuk menyeimbangkan harga barang yang tepat dengan layanan pelanggan dan waktu pengiriman.

E-Commerce Logistics adalah penggunaan teknologi informasi berbasis web untuk mendukung akuisisi material, proses pergudangan, dan transportasi/delivery. Tujuan E-Commerce Logistics memungkinkan distribusi barang ke beberapa tujuan pelanggan dengan rute optimal dan informasi pelacakan persediaan sehingga diperoleh high quality, low cost, dan on time delivery.

Sumber : https://jabar.tribunnews.com/2020/05/10/program-studi-sarjana-terapan-e-commerce-logistics.

No comments:

Powered by Blogger.