Politeknik Pos Indonesia Tingkatkan Kompetensi Riset Untuk Kemandirian Intelektual


HUMAS POLTEKPOS 
- Politeknik Pos Indonesia adakan Kuliah Umum dengan tema Meningkatkan Kompetensi Melalui Riset untuk Kemandirian Mahasiswa yang dilaksanakan di Auditorium Politeknik Pos Indonesia, Bandung, Selasa (27/3/2018).

Kaprodi D4 Teknik Informatika, M. Yusril Helmi Setyawan MKom mengatakan dengan melalui riset mahasiswa itu mampu menumbuhkan kemandirian baik secara finansial dan intelektual.
“Ia berharap capaian dari kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi tentang pentingnya riset untuk meningkatkan kompetensi dan reputasi mahasiswa yang sekaligus kemudian memberikan dampak terciptanya kemandirian finansial bagi mahasiswa,” ucap Yusril.

Melalui kata sambutannya, ketua program studi diploma IV Teknik Informatika, M. Yusril Helmi Setyawan, yang mewakili pimpinan program studi rumpun infomatika menegaskan bahwa riset bukanlah sebuah kemewahan akademis yang hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu saja. Seorang penjual gorengan saja melakukan riset untuk memprediksi penghasilan melalui nilai tawar inovasi produknya, apalagi kita yang berada di institusi pendidikan yang didaulat sebagai pengembang intlektual, tentu harus lebih tertantang.



Kegiatan Kuliah Umum ini dilaksanakan oleh Jurusan Manajement informatika dan Teknik Informatika yang berlangsung dengan Pembicara Arjon Turnip, Ph.D dan Valentino Sembiring, S.Kom., M.Kom.


Arjon Turnip PhD menekankan bagaimana langkah-langkah yang harus dibuat kedepannya untuk mengembangkan produk yang sudah dihasilkan sehingga bukan lagi menjadi prototype melainkan menjadi produk jadi sehingga memiliki efek langsung kepada masyarakat
“Diharapkan melalui RISET bersama, mahasiswa dapat mengembangkan intelektualitas dan kompetensinya secara mandiri, yang kemudian dapat menjaminkan kompetensinya itu untuk mendapatkan kehidupan yang layak,” Ujar Arjon Turnip
Sisi lain, institusi dapat menggerakkan potensi mahasiswa untuk menjadi bagian dari perkembangan keilmuan dan meningkatkan reputasi institusi.
“Sementara, Valentino Sembiring MKom juga menekankan untuk mulai mencari permasalahan yang ada di negara kita dan kemudian mencarikan solusi, salah satu cara yang bisa diimplementasikan dengan cara membangun sebuah perusahaan startup,” pungkasnya.
Para Pembicara menekankan tentang bagaimana mahasiswa harus berpikir lebih aktif untuk melakukan riset terhadap masalah-masalah disekitar mereka. Nantinya melalui riset ini mahasiswa tidak lagi tersesat dalam menentukan apa yang harus mereka pelajari dan kembangkan selama perkuliahan.

Kuliah Umum ini juga dirangkai dengan pameran riset hasil dari kerja sama para dosen serta mahasiswa D4 Teknik Informatika dan Google Student Club. 
Dalam kegiatan Kuliah Umum peserta yang hadir mencapai 350 mahasiswa Jurusan Management informatika dan Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia.

No comments:

Powered by Blogger.