Produk Inovasi D4 Teknik Informatika terpilih sebagai Inovasi Terbaik Nasional


HUMAS POLTEKPOS, Hari ini Kamis (29/11/18) bertempat di Gedung Diklat LLDIKTI Wilayah IV, Jatinangor, Sumedang, Jawa barat sedang berlangsung Pameran produk inovasi Perguruan Tinggi LLDIKTI 2018. 

Berbagai perguruan tinggi swasta di wilayah Jawa Barat dan Banten mengikuti kegiatan ini. 

Pameran yang mengusung tema Produk Inovasi ini akan berlangsung selama 2 hari dan akan dihadiri oleh berbagai kelompok masyarakat baik dari kalangan pendidikan maupun kalangan industry di seluruh Jawa Barat.

Peserta pameran merupakan hasil seleksi proposal produk inovasi yang dilakukan oleh penyelenggara, dari 213 proposal dari berbagai perguruan tinggi hanya 43 proposal yang berhasil dipilih untuk disajikan pada pameran tahun ini. salah satunya Politeknik Pos Indonesia 

Saat ditemui disela-sela kegiatan, ketua program studi Diploma IV Teknik Informatika, M. Yusril Helmi Setyawan, S.Kom., M.Kom mengungkapkan bahwa Semua produk hasil inkubasi laboratorium adalah potensial menjadi produk inovasi. 

Permasalahannya adalah terkadang dia hanya berhenti sebagai produk skala laboratorium, “Kami memerlukan event seperti ini untuk mendapatkan akses menjangkau skala yang lebih luas lagi yaitu industri.  

Kami sangat meyakini bahwa kami punya posisi yang strategis melalui inovasi dan potensi SDM  yang kami miliki saat ini.” Sembari menunjukkan produk-produk yang dipamerkan kepada wartawan.

Sekretaris Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia bpk. Panggih Rahardjo, SE., MM mengatakan kegiatan tersebut bisa menjadi ajang benchmark antar perguruan tinggi yg ikut pameran. 

Saling melihat dan mengamati dan memgambil pembelajaran langsung di event pameran inovas, dari event pameran tersebut sangat memungkinkan kita mendapatka  insight atas karya perguruan tinggi lain dan melakukan modifikasi, 

ATM: Amati, Tiru, Modifikasi yang tentunya disesuaikan dengan konteks dan core setiap perguruan tinggi dalam melakukan modifikasi dan pengembangan. Ujar Panggih

Sementara Direktur Politeknik Pos Indonesia, Dr. Ir. Agus Purnomo, MT., menyampaikan bahwa produk-produk  inovasi dari Prodi D4 Teknik Informatika Poltekpos telah menggunakan Big Data Analysis, Internet of things, Robotics, dan Artificial Intellegence dalam implementasi di bidang Logistik yang merupakan trend di era Industri 4.0. 

Karya inovasi ini sebagian telah ada yang diimplematasi di perusahaan logistik, dan sebagian lagi akan terus kami dorong untuk dikembangkan lebih lanjut agar dapat digunakan di berbagai industri.

Dalam event ini program studi diploma IV teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia memamerkan 6 produk inovasinya yaitu : LCMS v.1.0 (Logistics and Cargo Managemant System), POT v.1.0 (PUT TO Light), ACIRO (Automatic Glass Cleaner Robot), CALL Poseidon (Smart Water Dispancer), SIGAMAci (SmartTong Intergrated Gerbage Managemant System For Smart Society), dan ICON (Interactive Conveyor). Diantara produk-produk inovasi tersebut terdapat 2 produk yang memenangi berbagai kompetisi tingkat nasional dan menghasilkan 17 publikasi pada jurnal internasional yang terindex scopus di tahun 2018 ini.

SUMBER : 
1. Tribun Jabar
2. Galamedia

No comments:

Powered by Blogger.