KULIAH UMUM, AJAK MAHASISWA BERBISNIS ONLINE



BERBISNIS ONLINE E-COMMERCE: STRATEGIES, OPPORTUNITIES AND CHALLENGES



HUMAS POLTEKPOS –  Direktur, Ketua Yayasan, Wadir (Wakil Direktur) , Dosen dan Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia menghadiri kuliah umum di ruangan Halo Pos 161, Politeknik Pos Indonesia. Kuliah umum dengan tema “Strategies, Opportunities dan Challenges” diselenggarakan dalam rangka membangun program konsentrasi E-Commerce Logistics.(31/3)

Bapak Donny Wardhana sebagai Chief of Commercial Officer Acommerce dan Ilham Mahendra sebagai Procurement Manager Pos Logisitik hadir sebagai pembicara pada acara ini.

Sesi I yang dibawakan oleh Ilham Mahendra menjelaskan banyak proses aktivitas dalam logistik e-commerce seperti Cross Border (Ekspor-Impor), Procurement Center (menerima, pengecekan, pengiriman), Channel Management (aktivitas dan dokumen) dan Last Mile Delivery (pesan antar).

Selain itu juga, dia memaparkan bahwa e-commerce di Indonesia baru beberapa tahun belakangan ini meledak.

“Amazon dan Ebay adalah e-commerce yang sudah berjalan tahun 90-an. Mengapa di Indonesia baru belakangan ini meledak? Itu karena mindset. Eropa dan Amerika memanfaatkan teknologi, tergantung dari teknologi. Karena itu, Indonesia menjadikan mereka prototype atau contoh sebelum membangun e-commerce”, kata Ilham.

Dilanjut dengan sesi II yang dibawakan oleh Bapak Donny, menjelaskan statistik pengguna e-commerce, platform yang digunakan dan e-commerce yang sering diakses.

“Lazada adalah e-commerce yang sering diakses untuk belanja online, termasuk Indonesia. Indonesia adalah negara Asia nomor 2 yang menggunakan jasa commerce untuk berbelanja karena memang mudah dengan platform Smartphone sudah bisa berbelanja”, katanya.

SEBAGAI MODAL PROGRAM LOGISTIK POLITEKNIK POS INDONESIA
Dia menambahkan juga banyak cara untuk bisnis online terutama dikalangan mahasiswa. Cara yang mudah untuk bisnis online mahasiswa atau UKM bisa gunakan sosial media seperti instagram, twitter, facebook, atau lainnya. Karena dengan itu bisa mendapatkan fee yang lebih murah.

Kesimpulan kuliah umum ini adalah e-commerce adalah industri yang berkembang, menarik dan dinamis dalam transaksi jual beli. Dan memberikan informasi kepada mahasiswa dan modal utama Poltekpos yang saat ini dalam proses membangun e-commerce.


Ketua Yayasan, Bapak Heriyanto (kanan)
memberikan kenang-kenangan kepada Donny Wardhana (kiri)

Direktur Poltekpos, Bapak Agus Purnomo (kanan)
memberikan kenang-kenangan kepada Ilham Mahendra (kiri)





















No comments:

Powered by Blogger.